Senin, 18 Februari 2013

Tips memilih leasing Motor dan Mobil

Kebutuhan akan sarana mobilitas yang efektif, efisien, dan ekonomis bagi masyarakat Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu, terutama Jakarta. Bagaimana tidak, jarak antara tempat kerja yang jauh dengan tempat tinggal ditambah lagi dengan kemacetan yang semakin parah tiap harinya. Motor menjadi jawaban akan kebutuhan tersebut, selain lebih mudah bermanuver di tengah kemacetan, harganya yang terjangkau dan penawaran kredit motor yang makin marak membuat motor menjadi primadona. Bila Anda juga ingin memiliki motor dengan cara kredit melalui leasing (lembaga pembiayaan), ada baiknya mengetahui tips untuk memilih leasing motor di bawah ini:


  1. Pastikan perusahaan leasing tersebut terpercaya dan bonafide.
  2. Bandingkan cicilan yang ditawarkan oleh dealer satu dan lainnya.  Pilihlah leasing dengan nilai penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.
  3. Lakukanlah negosiasi untuk setiap harga yang diberikan oleh dealer, karena itu merupakan hak kreditor. Jangan lupa untuk meminta potongan harga, karena biasanya pembelian dengan sistem kredit akan mendapatkan dikson yang lebih besar.
  4. Cermati setiap penawaran jumlah uang muka, besaran angsuran, dan diskon yang diberikan. Sesuaikanlah dengan kemampuan keuangan Anda.
  5. Pilih leasing yang memberikan hak konsumen. Mintalah fotokopi perjanjian kontrak kredit, bukti polis asuransi, dan hak-hak Anda sebagai kreditor.
  6. Pilih leasing dengan sanksi keterlambatan yang kecil dan fleksibel dalam cara pembayaran. Misalnya bisa melalui transfer, bank lain atau layanan ATM.